Kamis, 05 Desember 2019

Pengertian jaringan nirkabel

Pengertian Jaringan Nirkabel

Contoh Jaringan Nirkabel
Singkatnya jaringan nirkabel adalah jenis jaringan yang tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi data. Jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik, seperti gelombang radio, mikro sampai infra merah.
Jaringan nirkabel memiliki jarak jangkauan yang berbeda-beda. Ada yang jarak dekat, ada juga yang jauh. Contoh jaringan nirkabel yang biasa kita temui saat ini adalah Bluetoothdan WIFI.

Fungsi Jaringan Nirkabel

Manfaat Jaringan Nirkabel
Secara fungsi, jaringan nirkabel tidak jauh beda dengan jaringan kabel biasa (Wired Network). Contoh paling mudah ialah untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lain, berbagi data, atau membuat komputer menjadi terhubung ke internet.
Namun karena tanpa kabel, tentunya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan jaringan jenis nirkabel. Diantaranya :

Manfaat Penggunaan Jaringan Nirkabel

Praktis : Untuk menggunakan nirkabel, kita hanya perlu menyediakan sebuah alat pemancar dan pastikan komputer yang diinginkan punya receivernya.
Akses Dari Mana Saja : Setiap perangkat bisa tersambung kedalam jaringan nirkabel, asalkan sinyalnya masih bisa didapat.
Support Banyak Perangkat : Bukan hanya komputer saja, smartphone juga saat ini hampir semuanya sudah mendukung fitur jaringan nirkabel. Misalnya WIFI.
Jaringan Mudah Diperluas : Melakukan instalasi jaringan ditempat luas seperti gedung bukanlah masalah. Karena terdapat perangkat tertentu yang bisa memperluas jangkauan sinyal jaringan.
Produktivitas Meningkat : Bayangkan sebuah perusahaan dengan semua komputer yang terhubung kedalam satu jaringan. Tentunya akan meningkatkan produktivitas jika berbicara soal manfaat berbagi data.
Keamanan : Saat ini jaringan nirkabel sudah didukung juga oleh provider dengan beragam fitur keamanan, supaya data menjadi terjaga.

Jenis Jaringan Nirkabel

Secara garis besar, terdapat 4 jenis jaringan yang mungkin pernah kita baca di buku-buku tentang komputer. Yaitu :
LAN : Local Area Network (LAN) Adalah jenis jaringan yang digunakan untuk berbagi / sharing data antara perangkat ke perangkat lainnya. Jaringan jenis ini biasa digunakan di tempat-tempat dengan cakupan wilayah yang kecil, misalnya kantor, rumah, sekolah dan lain-lain.
WAN : Singkatan dari Wide Area Network. Secara fungsi sama saja dengan LAN, hanya saja cakupan wilayahnya lebih luas. Selain itu, WAN juga biasanya punya kemampuan transmisi data lebih tinggi, dan terdapat suatu perangkat tertentu sebagai pengatur jaringan.
MAN : Singkatan dari Metropolitan Area Network. Cakupan area MAN lebih luas lagi dari WAN. Misalnya untuk menghubungkan sekolah A dengan sekolah B. Bahkan jaringannya bisa menjangkau satu kota.
PAN : Adalah singkatan dari Personal Area Network. Untuk jaringan jenis ini terhubung dalam jangkauan pendek saja.

https://www.leskompi.com/jaringan-nirkabel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar