Pada era ini, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah penggunaan email. Email sering digunakan dalam pekerjaan maupun bisnis, khususnya bagi perusahaan-perusahaan besar. Untuk komunikasi antar pelaku bisnis biasanya sering menggunakan email, karena menggunakan aplikasi chatting dirasa kurang pas untuk melakukan perjanjian kerja, mengirim surat penawaran, dan sebagainya. Oleh sebab itu, email menjadi sebuah kebutuhan yang penting saat ini.
Email sendiri membutuhkan suatu program yang disebut dengan mail server. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang mail server. Apa itu mail server? simak artikel ini. Artikel ini memuat definisi dari mailserver itu sendiri, kelebihannya, serta cara kerjanya.
Pengertian Mail Server
Mail Server yaitu sebuah layanan atau server yang digunakan untuk mengirim atau menerima sebuah email. Mail server dapat digunakan untuk mengolah, mengirim, dan menerima data-data dalam bentuk email dengan menggunakan domain email khusus atau domain sendiri.
Protokol utama yang digunakan untuk mengakses/mengambil email dari mail server yaitu SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), POP3 (Post Office Protocol 3) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). SMTP digunakan untuk menampung data serta mengirim email, sedangkan POP3 dan IMAP digunakan untuk membaca email.
Cara Kerja Mail Server
Bagaimana cara pengiriman dan penerimaan email? Secara sederhana cara kerja mail server dapat dijelaskan sebagai berikut. Awalnya email-email yang dikirim oleh pengirim akan disimpan dalam database mail server. Dalam email yang dikirim, tentu terdapat informasi tentang tujuan penerima email dan asal pengirim, serta waktu pengiriman. Saat penerima membaca email tersebut, artinya penerima telah mengakses mail server dan membaca email yang tersimpan dalam database mail server melalui aplikasi ataupun browser.
Fungsi Mail Server
Fungsi mail server yaitu mengatur agar email dapat dikirim atau diterima dengan aman dan tidak ada kendala. Selain itu, juga digunakan untuk mengatur dan mengolah email – email yang masuk ke dalam kotak pesan masuk. Tujuan dari mail server ini adalah membuat transportasi email menjadi lebih cepat, aman, nyaman, tanpa ada gangguan.
Advertisements

Komponen Mail Server
1. MUA (Mail User Agent)
MUA bertugas menerima email dan membuat serta mengirimkan email.
2. MTA (Mail Transport Agent)
MTA bertugas mengurus bagian program pengiriman email, memproses yang masuk dan menentukan alamat tujuan.
3. MDA (Mail Delivery Agent)
MDA bertugas sebagai agen pengiriman email.

http://nguprek.com/mengenal-tentang-mail-server/